Daftar Isi [Tampil]

Kadis Pariwisata Kota Mataram, Cahya Samudera (kanan) bersama istri (tengah) dan Owner Hotel Ayom Suite Mbak Dayu (kiri) di pameran lukisan seni rupa. Sabtu (22/6/2024). Foto : istimewa
MATARAM, Radarselaparang.com || Pameran Lukisan seni rupa yang digelar sejak Jumat (21/6/2024) di Hotel Ayom Suite Jalan Gili Asahan Kota Mataram banyak menuai apresiasi.

Selain apresiasi dari para pelukis atau Perupa sendiri, Pameran bertema "Bring Back Memories" itu diapresiasi pemerintah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat Hingga Pemprov NTB.

Pasalnya, Pameran ini adalah yang pertama kali digelar secara resmi oleh swasta dan melibatkan sejumlah perupa dari Lombok.

Tak hanya itu, karya-karya Perupa yang ditampilkan tersebut penuh pesan dan makna yang mendalam bagi para penikmat nya. Sejumlah lukisan juga memuat pesan yang kuat bagi pemerintah agar bisa memberikan sedikit ruang bagi mereka para seniman.

Apresiasi atas gelaran pameran seni rupa itu datang dari Kadis Pariwisata Kota Mataram, Cahya Samudera. Ia mengatakan akan mensupport kegiatan semacam ini karena bagian dari Pariwisata yang dapat dijual.

Bahkan Cahya Samudera terlihat datang mengunjungi pameran Lukisan tersebut bersama isterinya di Hotel Ayom Suite pada Sabtu malam (22/6/2024).

Cahya Samudera mengatakan bahwa event pemeran lukisan yang digelar oleh Ayom Suite dan para Perupa bisa menjadi salah satu spot yang akan dipamerkan kepada para peserta Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat nasional yang akan datang ke NTB pada bulan Juli mendatang.

"Insyaallah nanti coba kita arahkan para peserta untuk melihat-lihat pameran lukisan karya anak-anak NTB ini," ujar Cahya saat diwawancarai di Mataram, Sabtu.

Apresiasi juga datang dari Kadis Pariwisata Lombok Barat, Agus Gunawan. Ia mengatakan bahwa akan mempromosikan pameran yang digelar di Ayom Suite di Lombok Barat, dengan harapan akan ada penikmat lukisan yang akan berkunjung.

"Ini acara yang bagus, nanti kita promosikan ke teman-teman di Lombok Barat," Ujarnya.

Bahkan ia menganggap event seperti ini harus digelar secara berkala untuk memberikan ruang bagi para seniman lukis menjual dan memamerkan karya nya.

Begitu juga dengan Kadis Pariwisata Provinsi NTB, Jamaluddin, ia memberikan apresiasi kepada Hotel Ayom Suite atas terlaksananya kegiatan tersebut. Sehingga karya-karya lokal bisa dipromosikan.

"Ini bagus terimakasih Ayom Suite, nanti kita harus kolaborasi dengan Dispar Kota Mataram juga agar pameran ini bisa banyak pengunjung. Kita siap support sehingga ke depan bisa direncanakan lebih matang," ujarnya.

Ia pun mengatakan bahwa lokasi di Ayom Suite adalah lokasi yang sangat ideal ketika nantinya event MXGP di Mataram digelar. Dengan harapan Ayom Suite bisa menjadi salah satu spot yang akan dikunjungi para tamu MXGP.

Dalam pameran yang dilaksanakan sekitar tiga hari tersebut, banyak karya yang unik dan menarik untuk digali makna dan pesan mendalam nya.

Cukup rumit untuk dibedah, karena nilai sebuah lukisan semakin tinggi jika lukisan tersebut sulit dimaknai oleh banyak orang.

Tapi jangan khawatir, para Perupa sudah siap menjelaskan makna dari lukisan-lukisan tersebut. 

Lukisan yang ditampilkan di Pameran Hotel Ayom Suite ini adalah karya terbaik dari 13 Perupa ternama yang berasal dari Lombok. Bahkan ada sebagian perupa yang sudah mengikuti event pameran Lukisan hingga keluar negeri.

Lukisan yang dipajang dalam pemeran ini cukup unik untuk dibedah, apalagi melihat lukisan abstrak yang bermain dengan warna dan garis-garis halus yang membentuk suatu makna yang mendalam dari pelukisnya.

Penasaran kan? Yuk langsung saja ke Hotel Ayom Suite di jalan Gili Asahan Udayana Kota Mataram.***