Daftar Isi [Tampil]

SMPN 1 Selong
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Membeludaknya pendaftar siswa baru Tahun Pelajaran 2024-2025 di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Selong karena calon siswa baru melihat sekolah tersebut menonjolkan prestasi baik dibidang pelajaran dan minat siswa di bidang ektrakulikuler.

"Kalau proses pembelajaran semua sekolah sama, tapi mungkin menjolnya prestasi yang diraih siswa itu yang membuat mereka memilih SMPN 1 Selong," ucap Zaenudin, Kepala Sekolah SMPN 1 Selong saat ditemui media ini. Rabu (26/6/2024)

Diterangkan Zaendudin, Semua proses dalam pembelajaran sama, hanya saja jawaban orang tua memberikan alasan anaknya mau sekolah disini. Adanya aroma angka satu yang kental, Itu juga berpengaruh pada siswa baru sehingga orang tua siswa menyerahkan anaknya disini.

"Pihak SMPN 1 Selong tidak pernah turun melakukan sosialisasi hanya melalui media sosial sekolah saja," terang Zaenudin.

Diakui, SMPN 1 Selong memiliki segudang prestasi salah satunya dari segi non akdemik ektrakulikuter juara satu Sepak Bola Gala Siswa Indonesia (GSI) juga juara satu mini Teater bahasa Inggris.

"Kita selalu atensi semua perlombaan untuk diikuti dengan melihat minat anak. Sehingga menimbulkan gairah siswa dalam meraih prestasi," beber Zaenudin.

Untuk menepis asumsi SMPN 1 Selong memonopli siswa baru ditahun pelajaran 2024-2025 ini,  Zaenudin menyampaikan pihaknya tidak melakukan itu malahan melihat kafasistas daya tampung belajar siswa banyak yang ditolak dan hanya menerima pendaftaran siswa baru selama 3 hari saja.

"Dafatar 417 orang siswa baru dan yang diterima 351 orang sehingga yang tidak bisa ditampung 66 orang. Itupun kami buka selama 3 hari," ungkap Zaenudin.

Penerimaan pendaftaran 6 juni 2024 hari kelima kami tutup 10.30 wita, Kalau kami terma sampai tgl 15 juni 2024 maka yang akan daftar 500 lebih dan semakin banyak yang akan kecewa karena tidak keterima," pungkas Zaenudin.

Zaenudin, Kepala Sekolah SMPN 1 Selong
Sementara itu, Muhammad Nazri Sekretaris PPDB SMPN 1 Selong mengatakan, Peningkatan mintat pendaftar siswa baru itu sebenarnya berawal dari merosotnya pendaftar di Tahun 2021 sebelumnya dari target 8 rombel hanya terisi 7 rombel saja.

"Itu terjadi miskomunikasi yang tersebar di masyarakat bahwa siswa SMPN 1 Selong sudah full padahal belum mencapai target," ungkap Nazri.

Berkaca dari itu, SMPN 1 Selong di tahun pelajaran 2022 dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui media sosial sekolah dengan memberikan masyarakat informasi dan memberikan link untuk calon siswa baru setalahnya mengarahkan untuk bergabung di WA Group melalui link yang disediakan.

"Sejak itu, informasi SMPN 1 Selong terlihat secara terbuka oleh masyarakat dan tahun 2023 siswa baru meningkat menjadi 9 rombel hingga puncaknya tahun 2024 ini hingga 11 rombel," tutur Nazri.

Untuk penerimaan siswa baru sendiri SMPN 1 Selong tetap mengacu pada aturan pemerintah dengan jalur Zonasi, Apermasi dari keluarga pra sejahtera, dan jalur prestasi. (RS)


Ikuti kami di berita google