Daftar Isi [Tampil]

Pj. Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik bersama Kapolda NTB Irjen Pol. R. Umar Faroq cek kelengkapan kesiapan pengamanan Pilkada 2024
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Pj. Bupati Lombok Timur H. Muhammad Juaini Taofik menghadiri Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan Pilkada Serentak 2024 di Provinsi NTB yang dipimpin Kapolda NTB Irjen Pol. R. Umar Faroq. Kegiatan yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Lombok Timur Rabu (7/8/2024.

Apel Gelar Pasukan tersebut bertujuan memastikan kesiapan Polda serta Pemerintah Daerah bersama instansi terkait dalam pengamanan proses Pilkada Serentak di lingkup Provinsi NTB, khususnya Kabupaten Lombok Timur.

Dalam sambutannya, Kapolda NTB kembali mengingatkan agar aparatur negara, TNI, dan Polri tetap menjaga netralitas selama penyelenggaraan Pilkada 2024 ini, "Jangan sampai ada diskriminasi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Harus netral. Harus menjadi teladan bagi masyarakat dan generasi muda," tegasnya.

Dalam pengamanan Pilkada serentak menurunkan 10.625 personel, dengan rincian sebanyak 3.364 personel dari Polda NTB, gabungan personel Polres/Polresta sebanyak 7.279 personel, yang nantinya akan dibantu oleh personel dari TNI.

Sedangkan untuk sarana dan prasarana, di jajaran Polda NTB sebanyak 2.830 unit, dengan rincian kendaraan roda dua sebanyak 1.936 unit, kendaraan roda empat sebanyak 583 unit, dan kendaraan roda enam 191 unit, kendaraan taktis 43 unit, dan kapal perairan 50 unit. Kendaraan tersebut selanjutnya akan digunakan secara mobile di masing- masing TPS.

Selain itu setiap pihak diharapkan menjalankan tugas masing-masing dengan baik, dan mengantisipasi lebih awal gejolak kamtibmas yang akan timbul, baik yang mengarah pada unsur tindak pidana Pemilu ataupun pelanggaran administrasi.

Untuk itu dalam menciptakan suasana aman dan nyaman perlu ada kolaborasi yang baik antara TNI-POLRI dengan para stakeholder, beserta para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda untuk menjaga kondusifitas di Lombok Timur.

"Saya yakin dan percaya bahwa warga Lombok Timur 100% menginginkan keamanan dan kenyamanan pra-Pilkada, selama berlangsungnya Pilkada, maupun pasca Pilkada untuk meningkatkan pembangunan di wilayah Lombok Timur," ujarnya.

Kapolda mengajak untuk ciptakan penyelengaraan pesta demokrasi Pilkada 2024 di Kabupaten Lombok Timur ini dengan kesiapan, (agar) berjalan dengan baik, aman dan tertib. Serta kegiatan masyarakat tetap terlaksana dengan baik pasca pelaksanaan Pilkada.

"Semoga Allah SWT memberikan bimbingan, petunjuk dan Ridho-Nya kepada kita semua dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara ini," tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda NTB, Pejabat Utama (PJU) Polda NTB, jajaran Forum Kooordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lombok Timur, LKPP kabupaten Lombok Timur, serta Camat Se-Kabupaten Lombok Timur. Apel ini menghadirkan personel gabungan yang akan berkolaborasi dalam pengamanan Pilkada sebagai peserta.

Berbagai kendaraan taktis beserta sarana dan prasarana ditampilkan dalam apel ini. Selanjutnya kelengkapan dan kesiapan peroranggan personel juga turut diperiksa untuk memastikan kesiapan dalam menghadapi berbagai potensi gangguan dan ancaman pra Pilkada, saat berlangsung, serta pasca Pilkada, baik itu kriminalitas atau bencana alam. Ditekankan agar Standar operasional prosedur pengamanan dilakukan secara komprehensif.

Usai pelaksanaan apel, Kapolda memberikan pengarahan internal kepada seluruh jajaran Polres Lombok Timur. (RS)


Ikuti kami di berita google