Daftar Isi [Tampil]

Lombok Timur, Radarselaparang.com || Kapolres Lombok Timur bersama Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Lombok Timur berkomitmen mewujudkan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang damai di tahun 2024. Komitmen itu diwujudkan dengan deklarasi pilkada damai 2024 pada Jumat (6/9/2024) pagi.


Deklarasi pilkada damai tahun 2024 di Rupatama Polres Lombok Timur itu dipimpin oleh Kapolres Lombok Timur AKBP Hariyanto SH, SIK. Deklarasi pilkada damai itu berisi komitmen Kapolres dan DPD KNPI Lombok Timur untuk siap berperan aktif mewujudkan situasi kondusif, damai dan berbudaya dalam Pilkada 2024. Selain itu menolak segala bentuk pelanggaran dalam pilkada tahun 2024. Termasuk menjadikan Pilkada 2024 sebagai landasan harmoni demi persatuan masyarakat kabupaten Lombok Timur.


“Deklarasi yang kita laksanakan ini bukan sekadar seremonial. Tetapi manifestasi dari komitmen kita bersama untuk menjaga pilkada sebagai sarana demokrasi yang beradab di kabupaten Lombok Timur. Ini adalah wujud nyata dari tekad kita untuk mewujudkan pilkada yang damai, jujur, adil, dan bermartabat,” kata hariyanto saat deklarasi pilkada damai kabupaten lombok timur tahun 2024 di Rupatama polres Lombok Timur.


Pihaknya mengapresiasi partisipasi seluruh pihak yang menunjukkan komitmen mewujudkan pilkada damai di kabupaten lombok timur. Menurutnya, di tengah dinamika politik yang kian kompleks, perlu ada kesadaran dan komitmen bersama untuk menjaga ketertiban dan kedamaian selama proses Pilkada. Deklarasi itu adalah simbol dari tekad  semua untuk memastikan bahwa demokrasi di Lombok Timur berjalan dengan tertib, adil, dan bermartabat.


Hariyanto menyatakan dalam pelaksanaan pilkada, kerjasama dan koordinasi di antara semua pihak menjadi kunci utama dalam menjaga demokrasi yang kondusif. “Saya yakin bahwa dengan tekad yang kuat dan kerjasama yang solid, kita dapat memastikan bahwa Pilkada di kabupaten Lombok Timur timur akan berlangsung dengan damai dan sukses,” tegas Hary.


Hary mengakui setiap pilkada selalu diwarnai dengan dinamika politik yang bisa menimbulkan potensi ketegangan maupun perpecahan. Hal itu menjadi ujian untuk tetap menjaga kepala dingin, berfikir rasional, dan bertindak bijaksana dalam menghadapi setiap tantangan yang muncul.


“Saya mengajak kita semua untuk bersatu padu, menghormati perbedaan, dan menjaga ketentraman. Mari kita jadikan Pilkada 2024 sebagai momentum untuk merayakan demokrasi dengan semangat yang lebih kuat dan beradab,” ucapnya.


Ketua DPD KNPI Lotim Zuarno Saputra menambahkan di tengah situasi politik yang kompleks di lombok timur perlu melakukan langkah konkret guna mengantisipasi berbagai potensi ketegangan dan konflik seiring pelaksanaan pilkada 2024. Berdasarkan pengalaman masa lalu bahwa ketegangan dan konflik politik dapat mengganggu ketentraman dan kondusifitas wilayah. Oleh karena itu KNPI bersama berbagai pihak seperti kepolisian, TNI, DPRD, Kejaksaan, Pengadilan, Binda, KPU dan Bawaslu dapat bersatu dalam tujuan yang sama yaitu menjaga dan mengawal Pilkada 2024 menjadi momen pesta demokrasi yang damai dan bermartabat.


“Kami mengajak masyarakat Lombok Timur yang mempunyai hak pilih dalam Pilkada 2024 untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak dan penuh pertimbangan. Karena setiap suara yang diberikan akan menentukan masa depan kabupaten Lombok Timur,” tutur juarno.(MF)



Ikuti kami di berita google