Daftar Isi [Tampil]

Aparat kepolisan dan Team Dalkartula masih standbye diposko dalam upaya pemadaman kebakaran Lahan dan Hutan di Bukit Anak Dara Sembalun
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Berdasarkan info dari petugas KPH Rinjani Timur Kecamatan Sembalun, Telah terjadi Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla) yang berlokasi di Bukit Anak Dara, Kecamatan Sembalun dan sebanyak 70 Pendaki Berhasil di Evakuasi Team Dalkarhutla. Sabtu (31/8/2024)

Lokasi tempat terjadinya Kebakaran dengan lokasi Camping para pendaki yaitu cukup jauh, yaitu berada di samping Bukit.

Kebakaran tersebut terjadi sekutar pukul 21.00 wita dan pada pukul 21.30 wita, Tim Dalkarhutla yang terdiri dari 3 Anggota polsek Sembalun bersama 3 anggota Brimob Kompi 3 Yon B Lotim, 1 anggota Koramil 1615/10 Sembalun, 3 Anggota KPH Rinjani Timur tiba di lokasi loket Pendakian Bukit Anak Dara yang berada di Desa Sembalun Lawang Kecamatan Sembalun.

Selanjutnya Tim Dal karhutla berkoordinasi dengan pengelola Bukit Anak Dara terkait dengan Dalkarhutla maupun Pengunjung yang berada di Bukit Anak Dara tersebut.

Untuk Pengunjung atau Pendaki yang berada Di Bukit Anak Dara tersebut  berjumlah 70 orang, dan dari pengelola Bukit Anak Dara yang berada di atas tengah menghimbau kepada seluruh pengujung dan pendaki untuk turun guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pukul 01.57 wita seluruh pengunjung Bukit Anak Dara telah berhasil di evakuasi oleh Team Dalkarhutla bersama Pengelola Bukit Anak Dara dan saat ini pengujung telah Sampai di Loket Jalur Pendakian Rantai Mas Desa Sembalun lawang Kecamatan Sembalun dalam keadaan sehat dan lengkap.

Untuk saat ini, Team belum bisa melakukan upaya pemadaman ke lokasi tempat terjadinya kebakaran mengingat waktu dan lokasi yang kurang mendukung, selanjutnya Team Dalkarhutla melakukan Pemantauan dari Loket Jalur pendakian Rantai Mas Desa Sembalun lawang Kecamatan Sembalun.

Sementara lokasi atau tempat terjadinya Kebakaran Lahan dan Hutan ( Karhutla) berada di Kawasan Bukit Anak Dara/ Kawasan KPH Rinjani Timur Kecamatan Sembalun.

Kapolres Lombok Timur melaku Kasi Humas, Iptu Nikolas Osman membenarkan kejadian tersebut, Mengatakan hingga saat ini upaya pemadaman dilaksanakan oleh anggota polsek Sembalun, anggota Brimob Kompi 3 Yon B Lotim, anggota Koramil 1615/10 Sembalun dan  Anggota KPH Rinjani Timur.

Luas Area kebakaran masih belum bisa dipastikan dikarenakan api masih belum bisa dipadamkan dan upaya pemadaman oleh Team Dalkarhutla akan dilanjutkan pagi hari itupun apabila sudah memungkinkan untuk dilakukan pemadaman.

"Tidak menutup kemungkinan luas Area yang terbakar akan terus bertambah dikarenakan api masih belum bisa dipadamkan," terang Iptu Nikolas. (RS)


Ikuti kami di berita google