Daftar Isi [Tampil]

pendaki asal Irlandia, Farrel Paul (31 tahun), mengalami kecelakaan saat melakukan pendakian ke puncak Gunung Rinjani
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com ||  Seorang pendaki asal Irlandia, Farrel Paul (31 tahun), mengalami kecelakaan saat melakukan pendakian ke puncak Gunung Rinjani pada Rabu (9/10/2024). Korban tergelincir dan jatuh dari ketinggian sekitar 200 meter.

Kejadian ini terjadi saat Tim SAR gabungan tengah mengevakuasi korban pendakian sebelumnya di lokasi yang tidak jauh dari titik jatuhnya Farrel. Beruntung, tim SAR dengan sigap langsung menuju lokasi dan berhasil mengevakuasi Farrel sekitar pukul 11.30 WITA.

Setelah dievakuasi, Farrel langsung dibawa ke Shelter Emergency Pelawangan untuk mendapatkan penanganan medis. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa korban hanya mengalami luka ringan di bagian bahu dan kondisinya saat ini stabil.

Kejadian tersebut dibenarkan Humas Polres Lombok Timur, Iptu Nikolas Osman, Diduga kecelakaan ini terjadi karena Farrel melakukan pendakian seorang diri. Kondisi medan yang berpasir di sekitar lokasi kejadian diperkirakan menjadi penyebab korban tergelincir.

"Minimnya sinyal di sekitar lokasi juga sempat menjadi kendala dalam komunikasi selama proses evakuasi," ucap Iptu Nikolas.

Pihak Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Sembalun dan Tim SAR gabungan masih terus memantau perkembangan kondisi Farrel.

"Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati saat melakukan pendakian, terutama saat melewati medan yang terjal dan berpotensi licin," himbau Iptu Nikolas. (RS)