Daftar Isi [Tampil]

Tim SAR gabungan berhasil menemukan dan menyelamatkan seluruh ABK kapal Rizal Indah 2 
LOMBOK TIMUR Radarselaparang.com || Setelah berjibaku selama hampir 24 jam, Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan dan menyelamatkan seluruh ABK kapal Rizal Indah 2 yang dilaporkan mengalami kecelakaan laut di Perairan Selat Alas pada Rabu (16/10) kemarin.

Kelima ABK kapal tersebut, yakni Rijal Setiawan (Nakhoda), Riswan, Yaya, Dedi, dan Hasan, ditemukan dalam kondisi selamat oleh KMN Usaha Abadi IRW di Perairan Pulau Moyo, Kabupaten Sumbawa pada Kamis dini hari.

"Mereka kemudian dibawa kembali ke Labuhan Lombok dan tiba sekitar pukul 12.30 Wita," ungkap Iptu Nikolas Osman, Humas Polres Lombok Timur.

Kronologi kejadian bermula saat kapal Rizal Indah 2 mengalami kebocoran pada bagian lambung kapal sekitar pukul 18.00 Wita pada hari Rabu. Seluruh ABK kemudian menyelamatkan diri menggunakan sekoci sebelum kapal tenggelam.

Tim SAR gabungan yang terdiri dari Satpolairud Polres Lombok Timur, Ditpolairud Polda NTB, TNI AL, dan Basarnas langsung melakukan pencarian intensif sejak menerima laporan. Pencarian dilakukan dengan menggunakan kapal Basarnas Pos Kayangan.

Pencarian malam sampai pagi lagi baru ditemukan walau dengan cuaca, gelombang dan angin sangat kencang.

"Kami bersyukur seluruh ABK dapat ditemukan dalam keadaan selamat. Operasi SAR ini menunjukkan sinergi yang baik antara seluruh pihak," ujar Iptu Nikolas. (RS)


Ikuti kami di berita google